22 Hal Yang Harus Dikerjakan Anak Muda Agar Sukses Besar

Aan Setianto
4 min readSep 27, 2020

Kamu tentu ingin sukses bukan ?
Sukses dunia dan akhirat. Hidup yang benar, punya banyak uang, sekaligus bermanfaat buat orang lain ? Semua orang menginginkan hal itu.

Inilah semua hal yang mestinya saya lakukan sejak dulu saat masih di bangku sekolah, saat kuliah, atau setelah baru lulus dari perguruan tinggi.

Sebagai catatan, saya sama sekali tidak menyesali dengan apa yang saya dapatkan sekarang. Saya bahkan sangat mensyukurinya. Saya hanya ingin share pengalaman apa yang sudah saya pelajari untuk kamu, supaya kamu bisa jauh lebih hebat.

Jika kamu sedang di usia ini, kamu beruntung. Teruskanlah membaca, dan kerjakan hal-hal berikut.

22 Hal Yang Harus Kamu Ketahui

  1. Waktumu sekarang lebih berharga daripada nanti kamu saat berusia 30, 35, 40, dan terutama nanti saat 60 tahun. Ingatlah untuk tidak membuang waktu dengan sia-sia. Satu hari tanpa hal yang bisa kamu pelajari untuk tumbuh, adalah waktu yang terbuang percuma. The moment you stop LEARNING, you stop growing. When you stop growing, you start dying.
  2. Pelajari secara benar ilmu agama, ini teramat penting sebagai nasehat dan pegangan dalam menjalani berbagai kondisi hidup. Banyak orang yang sepertinya sukses, terkenal dan kaya raya ternyata banyak masalah dalam hidupnya, bahkan bunuh diri, karena mereka tidak punya pegangan yang hakiki. Mereka meremehkan ilmu agama dalam hidupnya, dan menerima akibatnya !
  3. Pelajari tentang prinsip pareto 80/20 , dan bagaimana menerapkannya dalam hidupmu. Contoh : kamu punya 10 produk jualan secara online. Maka 80% pendapatanmu ternyata berasal dari penjualan yang dihasilkan oleh 2 produkmu saja (20% nya).
  4. Investasikan dirimu dengan banyak membaca buku. Baca kitab sucimu, baca biografi orang-orang sukses, baca buku-buku tentang karir dan bisnis, baca semua buku-buku yang bermanfaat. Membaca buku akan membawa kamu ke cita-cita yang ingin kamu tuju dengan lebih cepat, benar-benar lebih cepat !
  5. Berinvestasilah lebih banyak pada peningkatan diri dan bisnis, jangan terlalu banyak simpan uangmu di tabungan. Seiring waktu, inflasi akan membuat uangmu kehilangan nilainya.
  6. Jaga tubuhmu tetap sehat dan fit dengan berolahraga secara rutin, dan makan makanan yang sehat. Makanlah 6 sampai 8 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil-kecil, daripada makan 3 kali dengan porsi yang besar. Makanlah buah dan sayur sebanyak yang kamu suka. Lakukan workout 3–5 kali dalam seminggu. Tidak perlu lama, cukup 30–60 menit pada sekali workout. Ingat, jika tubuhmu tidak sehat atau lemah, semua yang kamu rencanakan tidak akan terlaksana !
  7. Luangkan waktu bersama orang-orang, atau keluargamu yang lebih tua / lansia. Banyak pengalaman hidup yang bisa kamu dapatkan dari mereka. Mereka sudah pernah hidup di usiamu sekarang.
  8. Tetaplah berhubungan dengan teman-temanmu setelah lulus kuliah. Saat kamu kuliah, bukan sekedar untuk mendapatkan gelar, tapi untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan dan pertemanan ( networking). 2 karyawan pertama Facebook yang saat ini ikut menjadi multi milyarder adalah teman sekamar Mark Zuckerberg saat kuliah.
  9. Jauhi orang-orang yang toxic, yang sebelumnya kamu pernah berteman dengan mereka. Tentukan lingkungan pertemananmu sendiri, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang lebih pintar dan bijak dari kamu, karena kamu akan menjadi seperti orang yang paling lama waktumu habiskan dengannya. Ingat, garuda tidak terbang bersama-sama dengan merpati !
  10. Beranilah mengambil risiko (yang sudah diperhitungkan) dalam hidupmu. Kebanyakan orang mengambil risiko yang konyol. Begitu terbentur oleh kegagalan, mereka bahkan tidak mencoba lagi untuk bisa berhasil. Ingat, di dunia yang penuh dengan perubahan ini, tidak berani mengambil risiko, sama saja berada dalam risiko itu sendiri !
  11. Bepergianlah dan lihat dunia luas. Ada banyak pengalaman yang bisa kamu ambil sebagai pelajaran, ide-ide baru untuk kamu wujudkan.
  12. Berlatihlah untuk selalu bersyukur di setiap keadaan. Jangan selalu lihat ke atas, lihatlah kadang ke bawahmu, kamu jauh lebih beruntung bisa sekolah dan membaca tulisan ini.
  13. Berusahalah mendengarkan orang lain, tetapi jangan berhenti karena terlalu peduli dengan pandangan mereka. Kamu boleh berubah dengan pendapatnya jika ada alasan rasional.
  14. Segeralah menikah, karena dengan menikah hidupmu akan lebih terarah, dan kamu akan dicukupkan.
  15. Ingatlah bahwa tidak ada yang benar-benar peduli tentang kamu, selain ibu, ayah, dan beberapa orang terdekatmu lainnya. Jadi jangan suka pamer ke orang lain. Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk kemewahan, hanya untuk mengesankan orang yang bahkan tidak memperhatikan kamu. Orang yang beneran sukses dan kaya raya, malah menghindari kemewahan dan akan tampil seperlunya.
  16. Pelajarilah mengapa hanya sedikit orang yang berhasil.
  17. Bersabarlah dalam berinvestasi, berbisnis, menghadapi rintangan, dan banyak hal lainnya.
  18. Gunakan social media seperlunya, ambil konten-konten yang berisi pengetahuan. Hindari membaca gosip, konten alay, dan berita tidak perlu, karena itu hanya sampah bagi kepalamu. Batasi waktumu untuk asyik chatting dalam grup WhatsApp atau Telegram.
  19. Jangan mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Multitasking bisa membunuhmu.
  20. Jangan ikuti kebanyakan orang. Tetapkan tujuanmu sendiri, buatlah rencana, kendalikan karir dan hidupmu sendiri !
  21. Tantang dirimu untuk selalu hidup di luar zona nyamanmu. Zona nyaman adalah zona kematian. Apapun yang ingin kamu capai, berada di luar zona nyamanmu.
  22. Berlatihlah menjadi komunikator yang efektif. Sebanyak 90% masalah di dunia bisa diselesaikan dengan komunikasi yang lebih baik, dan 99% dari semua konflik manusia ternyata dikaitkan dengan komunikasi yang buruk.

Hal-hal tersebut akan mengantarmu pada kesuksesan yang besar.

Anak muda yang cool adalah mereka yang punya prestasi tinggi, sekaligus rendah hati. Bukan mereka yang memakai gadget keluaran akhir, tampil trendy, hangout di tempat-tempat kekinian, atau mereka yang histeris dengan korean idol.

Anak muda keren adalah mereka yang sudah tahu cara mewujudkan impian mereka, bersabar dengan prosesnya, membuat cerita hidupnya sendiri, hingga tiba saat mereka berada di antara orang-orang sukses lainnya.

Anak muda hebat tidak selalu beralasan tidak bisa, tetapi melakukannya sekarang dengan pikiran terbuka dan sungguh-sungguh.

Life’s real failure is when you do not realize how close you were to success when you gave up

Saya berharap anak muda itu adalah kamu !

Originally published at https://aansetianto.com on September 27, 2020.

--

--

Aan Setianto

Business and Technology Enthusiast | Love to learn and share inspiration