Bagaimana Manajer Bisa menjadi Pemimpin Hebat

Aan Setianto
3 min readJan 23, 2020

Peran manajer sangat penting dalam suatu organisasi. Namun, memiliki komponen manajerial saja tidak cukup. Tanpa kepemimpinan yang kuat, bisnis dengan organisasi yang bagus pun masih bisa gagal.

Di depan memberikan teladan tindakan, di tengah membangun prakarsa / ide, di belakang memberikan arahan, mendorong moral dan semangat

— Ki Hajar Dewantara

Inilah mengapa manajer harus memiliki sifat kepemimpinan.

Tidak hanya merencanakan dan mengatur, tetapi juga bisa memotivasi

Tidak cukup hanya dengan merencanakan kegiatan bisnis secara terperinci dalam meraih keberhasilan. Ada beberapa pekerjaan yang memang menantang (berat) untuk ditangani. Hal ini bisa merisaukan karyawan dan membahayakan pertumbuhan bisnis. Inilah sebabnya mengapa perlu ada visi, goal, dan bahwa manajer harus tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dan tahu bagaimana menginspirasi tim mereka sendiri.

Lebih dari sekedar aturan, bukan berarti melanggar aturan

Seorang manajer yang ingin juga menjadi pemimpin, harus tahu bahwa berinovasi dan berpikir out of the box bisa membawa kesuksesan yang tidak terduga. Seorang pemimpin memang bekerja sesuai dengan aturan organisasi, tetapi tidak takut untuk mendengarkan rekan-rekan mereka dan menarik inspirasi dari apa yang mereka usulkan, bahkan ketika itu berarti mengambil arah yang berbeda dari yang awalnya telah ditetapkan.

Ini tentang orang, bukan sekedar karyawan.

Dalam berhubungan dengan tim mereka, seorang manajer yang baik bisa melihat hal-hal lain, tidak hanya yang seperti tertuang di SOP. Kemudian, dengan tidak menyalahi aturan, ia bisa mencapai keberhasilan untuk kepentingan organisasi. Seorang pemimpin harus mengetahui tim mereka dan potensi yang ada. Tugasnya adalah mengembangkan potensi ini, menciptakan hubungan interpersonal, memotivasi staf untuk tumbuh dan memperbaiki diri, sehingga organisasi akan tumbuh.

Untuk benar-benar menjadi pemimpin, manajer harus memiliki hal-hal di atas, yang bisa dijabarkan menjadi 6 tanda. Jadi, apa saja 6 tanda pemimpin yang hebat ?

  1. Visi

Seorang pemimpin yang hebat memiliki kemampuan untuk mengubah ide yang kompleks menjadi rencana yang dapat dieksekusi, serta mampu mengatur dan memposisikan timnya di jalur yang tepat untuk mencapainya. Dia bisa secara tepat menentukan roadmap, menggambarkan visi secara jelas kepada tim, dan menjaga untuk selalu tetap selangkah lebih maju, sehingga ia dapat mengantisipasi dan mengelola perubahan.

2. Kerendahan hati

Seorang manajer akan menjadi pemimpin yang benar-benar hebat jika ia berperilaku rendah hati, mendengarkan umpan balik, dan fokus pada kebutuhan tim. Dia perlu menemukan waktu untuk refleksi dan pengamatan pribadi (perenungan), dia harus berani mengakui kesalahan dan meningkatkan diri, dia harus terbuka menerima kritik yang berguna untuk memperbaiki kinerjanya.

3. Pengetahuan tentang dirinya sendiri

Seorang pemimpin yang mengetahui dirinya sendiri, bisa memahami dan mengelola emosi diri, serta emosi orang-orang pada timnya. Dia perlu mengendalikan tindakannya untuk secara positif mempengaruhi hasil. Tenang di dalam dan di luar, kontrol diri yang lebih baik sehingga memungkinkan dia untuk memahami bagaimana mengelola emosi, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi orang-orang yang bekerja dengannya.

4. Integritas

Nilai-nilai (values) yang kuat, keyakinan yang teguh, etika yang tinggi, dan karakter yang baik membantu tim untuk menyelaraskan diri dengan pemimpin. Seorang pemimpin yang tulus membangun kepercayaan dan kesetiaan. Seorang pemimpin yang jujur meyakinkan orang tentang niat dan tujuan mereka yang sebenarnya.

5. Dedikasi

Seorang pemimpin sejati, belajar untuk menghargai proses perjalanan, lebih dari tujuan akhir, serta mampu memahami cara mengelola kesulitan secara aman. Dia harus berani dan melindungi ide-idenya. Kunci untuk melakukan hal-hal ini adalah dengan bekerja keras. Seorang pemimpin yang hebat menunjukkan dedikasi, serta mampu memupuk kolaborasi. Itulah yang menjadikan mereka sebagai pemimpin.

6. Kemampuan untuk membantu orang lain

Seorang pemimpin bertindak dengan kemurahan hati dan rasa terima kasih, Hal ini akan memicu perubahan positif dalam kehidupan orang lain. Seorang pemimpin dengan bangga membantu orang lain meraih sukses, membantu timnya sendiri untuk menjadi lebih baik, secara pribadi dan profesional.

Jadi, apakah kamu pemimpin yang hebat ?

--

--

Aan Setianto

Business and Technology Enthusiast | Love to learn and share inspiration