Seperti Apa Ciri Karyawan Yang Akan Sukses Di Semua Tempat ?

Aan Setianto
4 min readNov 2, 2020

Saya menyebut karyawan di perusahaan saya sebagai vascommer, merujuk ke nama perusahaan saya, Vascomm. Mereka secara keseluruhan adalah tim yang hebat, gabungan dari berbagai tipe dan karakter orang, sebuah kondisi umum yang mungkin sama di banyak perusahaan. Saya mencintai dan membanggakan mereka.

Saya bisa merasakan sedih dan senang pada saat bersamaan, ketika ada vascommer yang pindah ke tempat lain, biasanya mereka mendapatkan tawaran yang lebih menggiurkan, atau ingin lebih jauh berkembang..

Saya sedih karena dia harus meninggalkan perusahaan tapi sebetulnya dia dibutuhkan.
Saya senang dan bangga karena dia akhirnya menjadi individu yang berkembang baik dari sisi skill maupun attitude, hasil dari pengalaman berlatih, belajar dan bekerja di tempat kami.

Pada beberapa kondisi, saya akan berjuang mempertahankan mereka. Tetapi, pada kondisi dan situasi lain, saya terpaksa harus rela melepas dia pergi. Satu hal yang menguatkan saya dalam hal ini adalah, dia sudah menjadi pribadi yang lebih baik, dan dia berhak menentukan jalan hidupnya sendiri untuk berkembang jauh lebih baik lagi.

Lagian, mereka juga akan selamanya menjadi teman baik. Maka, kepada teman baik saya tidak mengucapkan selamat tinggal, tetapi selamat berpetualang dengan hal-hal baru, dan semoga kita bertemu lagi di situasi yang baru.

Kualitas Karyawan Yang Baik

Banyak perusahaan mempunyai tim hebat yang merupakan kumpulan orang-orang terbaik, dengan bermacam karakter. Saya mengenali orang-orang dalam tim itu, membaginya menjadi enam karakteristik kualitas, yang merupakan ciri dari karyawan yang akan mendapatkan kesuksesan dimanapun mereka akan bekerja. Inilah skill, sifat dan karakter mereka :

1. Skill Kepemimpinan

Karyawan yang menunjukkan kualitas kepemimpinan, biasanya adalah orang-orang yang ingin kita pekerjakan dan pertahankan di perusahaan dalam jangka panjang. Pemimpin memiliki potensi untuk naik tangga perusahaan, mengisi posisi manajemen masa depan, memimpin tim, melatih anggota tim baru, dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

2. Skill Berorganisasi

Pekerja yang terorganisir memberikan keuntungan bagi perusahaan. Organisasi yang bagus berarti efisiensi di tempat kerja yang lebih tinggi, serta bisa meningkatkan reputasi perusahaan kita di antara pelanggan dan pesaing.

3. Komunikasi Tertulis dan Verbal Yang Sangat Baik

Keterampilan dalam komunikasi adalah komponen kunci dari setiap orang yang sukses. Keterampilan menulis yang tertata, dan kemampuan berbicara yang dinamis (menggunakan kontak mata, gestur) adalah kualitas yang sangat baik dari seorang karyawan. Baik mereka di bagian penjualan, programmer, posisi manajemen, bagian layanan pelanggan, atau posisi kreatif, keterampilan komunikasi lisan dan tertulis yang baik bisa membuat brand perusahaan menjadi bagus.

4. Kecerdasan

Kecerdasan, terutama kecerdasan emosional, adalah indikasi kuat yang memperlihatkan kinerja seseorang dalam pekerjaan. Karyawan yang cerdas, serta mampu terhubung dengan orang lain baik secara sosial maupun emosional, bisa meningkatkan reputasi perusahaan.

Karyawan yang cerdas akan mampu menjaga organisasi kita tetap terdepan dengan memperkenalkan teknologi baru, menggunakan keterampilan pemasaran berkualitas tinggi, dan mempertahankan dengan kuat hubungan perusahaan dengan pelanggan.

6. Skill Mendengarkan

Karyawan yang bisa secara aktif mendengarkan, berarti mereka akan memahami dengan cepat, mengikuti tugas dengan benar, dan menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. Karyawan ini mahir dalam mengembangkan (dan memelihara) hubungan yang baik, serta membangun kepercayaan dengan klien maupun rekan kerja. Mereka juga cenderung unggul dalam penjualan, manajemen, layanan pelanggan, dan peran yang berpusat pada klien lainnya.

6. Kejujuran dan Etika Kerja yang Kuat

Karyawan yang mempunyai ambisi bekerja keras dan jujur, akan menjaga semangat perusahaan tetap tinggi. Karyawan yang memiliki sifat-sifat ini bisa dipercaya dengan otonomi yang lebih besar, dan inilah orang yang ingin kita pertahankan. Karyawan yang seperti ini terkadang sulit ditemukan.

Karyawan yang jujur ​​dengan skill kepemimpinan, organisasi, dan keterampilan komunikasi inilah yang akan diterima di semua tempat yang dia inginkan.

Menjadi Karyawan Pilihan

Sebagai tips tambahan, jika kamu mampu mengembangkan 10 hal berikut ini sebagai karyawan, maka kamu akan selalu menjadi pilihan.

  1. Jujur dalam segala hal. Jika kamu bermasalah dengan tidak bisa bersikap jujur, kamu tinggal menunggu waktu untuk kehilangan segalanya.
  2. Rendah hati, kemampuan untuk mengesampingkan status kamu sendiri, dan mengutamakan kebutuhan orang lain, biasanya kebutuhan pelanggan.
  3. Jika berbuat salah, segeralah akui kesalahan dan kekurangan kamu tanpa banyak alasan.
  4. Selalu ingin belajar, menguasai keterampilan baru dan mengambil tanggung jawab tambahan.
  5. Menyadari akan pekerjaan saat bekerja, dan tidak menggunakan waktu kerja untuk mengurus masalah pribadi atau menjalankan bisnis sampingan.
  6. Hindarilah bergosip dan mengeluh tentang pekerjaan, rekan kerja, atau klien.
  7. Jadilah orang yang bisa diandalkan. Penuhi tenggat waktu, selesaikan proyekmu, jadilah kolaboratif.
  8. Datanglah lebih awal, jika kamu perlu minum kopi, sarapan, atau makanan ringan sehingga kamu bisa memulai hari kerja tepat waktu.
  9. Carilah sisi positif dalam setiap perubahan karena selalu akan ada perubahan.
  10. Jaga agar pakaian dan diri kamu tetap rapi dan bersih.

Bekerja sebenarnya adalah tanggung jawab kita kepada Tuhan. Perusahaan atau atasan hanya sarana. Jadi dimanapun kita bekerja, sesungguhnya kewajiban kita adalah sama.

Maka, menjadi kewajiban saya untuk membagikan pengalaman, pengetahuan, dan apa yang saya rasakan, untuk membuat semua tim yang bekerja dengan saya menjadi individu yang lebih baik lagi. Menyediakan tempat untuk bekerja sekaligus belajar, berusaha untuk menjadikannya bermanfaat, juga menyenangkan.

Join newsletter saya dan dapatkan ebook “Zero Procrastination — Bebas Dari Perilaku Suka Menunda” senilai Rp 479 Ribu secara GRATIS Disini !!

Originally published at https://aansetianto.com on November 2, 2020.

--

--

Aan Setianto

Business and Technology Enthusiast | Love to learn and share inspiration